Sunday 7 July 2013

Doa Malam Pertama Ramadhan


بسم الله الرحمن الرحيم
اللهم صل على محمد وآل محمد

اَللَّهُمَّ اِنَّ هَذَا الشَّهْرَ الْمُبَارَكَ الَّذِي اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرآنُ وَجُعِلَ هُدَى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ قَدْ حَضَرَ فَسَلِّمْنَا فِيْهِ وَسَلَّمْهُ لَنَا وَتَسَلِّمْهُ مِنَّا فِي يُسْرٍ مِنْكَ وَعَافِيَةٍ، يَا مَنْ اَخَذَ الْقَلِيْلَ، وَشَكَرَ الْكَثِيْرَ، اِقْبَل مِنِّى الْيَسِيْرَ.
Allâhumma inna hâdzasy syahral mubârak alladzî unzila fîhil qur-ân, wa ju’ila hudal linnâsi wa bayyinâtim minal hudâ wal-furqân. Qad hadhara fasallimnâ fîhi wa sallimhu lanâ wa tasallimhu minnâ fî yusrin minka wa ‘âfiyah, yâ man akhadzal qalîl, wa syakaral katsîr, iqbal minnil yastsîr.

Ya Allah, sesungguhnya bulan ini adalah bulan yang penuh berkah, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an dan dijadikan petunjuk bagi manusia, penjelasan dari petunjuk dan pembeda. Bulan Ramadhan telah dating ,maka selamatkan kami di dalamnya, selamatkan ia bagi kami, dan jadikan ia keselamatan bagi kami dalam kemudahan dan keselamatan dari-Mu. Wahai Yang Menerima amal yang sedikit dan mensyukuri yang banyak, terimalah dariku amal yang sedikit.

اَللَّهُمَّ اِنِّي اَسْاَلُكَ اَنْ تَجْعَلَ لِي اِلَى كُلِّ خَيْرٍ سَبِيْلاً، وَمِنْ كُلِّ مَا لاَ تُحِبُّ مَانِعاً، يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، يَا مَنْ عَفَا عَنِّي وَعَمَّا خَلَوْتُ بِهِ مِنَ السَّيِّئَاتِ، يَا مَنْ لَمْ يُؤَاخِذْنِي بِارْتِكَابِ الْمَعَاصِي، عَفْوَكَ عَفْوَكَ عَفْوَكَ ياكَريمُ.
Allâhumma innî as-aluka an taj’alalî ilâ kulli khayrin sabîlâ, wa min kulli mâ lâ tuhibbu mâni’â, yâ Arhamar râhimîn, yâ Man ‘afâ’annî wa ‘ammâ khalawtu bihi minas sayyiât, yâ Mal lam yuâkhidznî birtikâbil ma’âshî, ‘afwaka ‘afwaka ‘afwaka yâ Karîm.

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu, jadikan bagiku jalan pada semua kebaikan, dan penghalang dari semua yang tidak Engkau cintai, wahai Yang Maha Pengasih dari semua yang mengasihi. Wahai Yang Memaafkan kesalahanku dan kejelekan yang kusembunyikan. Wahai Yang Tidak menyiksaku karena perbuatan maksiatku, maafkan daku, maafkan daku, maafkan daku wahai Yang Maha Mulia.

اِلَهِي وَعَظتَنِي فَلَمْ اَتَّعِظْ، وَزَجَرْتَنِي عَنْ مَحَارِمِكَ فلَمْ اَنْزَجِرْ، فَمَا عُذْري، فَاعْفُ عَنِّي يَا كَرِيْمُ، عَفْوَكَ عَفْوَكَ.
Ilâhî wa’azhtanî falam atta’izh, wa zajartanî ‘an mahârimika falam azajir, famâ ‘udzrî, fa’fu ‘annî yâ Karîm, ‘afwaka ‘afwaka.
Tuhanku, Kau sadarkan aku, tapi aku belum juga sadar. Kau halau daku dari larangan-Mu, tapi aku belum juga terhalau, lalu apalagi alasanku, maafkan daku wahai Yang Maha Mulia, maafkan daku, maafkan daku.

اَللَّهُمَّ اِنِّي اَسْاَلُكَ الرَّاحَةَ عِنْدَ الْمَوْتِ، وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ، عَظُمَ الذَّنْبُ مِنْ عَبدِكَ فَلْيَحْسُنِ التَّجَاوُزُ مِنْ عِنْدِكَ، يا اَهْلَ التَّقْوى وَيا اَهْلَ الْمَغْفِرَةِ، عَفْوَكَ عَفْوَكَ.
Allâhumma innî as-alukar râhata ‘indal maût, wal ‘afwa ‘indal hisâb, ‘azhumadz dzanbu min ‘abdika falyahsunit tajâwuzu min ‘indika, yâ Ahlat taqwâ, yâ Ahlal maghfirah, ‘afwaka ‘afwaka.

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kedamaian saat kematiant menjemputku, dan maafkan daku saat amalku dihisab. Besar sudah dosa dari hamba-Mu, maka ampuni daku dengan ampunan yang baik dari sisi-Mu wahai Yang Maha Menjaga dan Maha Mengampuni, maafkan daku, maafkan daku.

اَللَّهُمَّ اِنِّي عَبْدُكَ ابْنُ عَبْدِكَ وَابنُ اَمَتِكَ، ضَعيْفٌ فَقِيْرٌ اِلَى رَحْمَتِكَ وَاَنْتَ مُنْزِلُ الْغِنَى والْبَرَكَةِ عَلَى الْعِبَادِ قَاهِرٌ مُقْتَدِرٌ اَحْصَيْتَ اَعْمَالَهُمْ، وَقَسَمْتَ اَرْزَاقَهُمْ، وَجَعَلْتَهُمْ مُخْتَلِفَةً اَلْسِنَتُهُمْ وَاَلْوَانُهُمْ خَلْقاً مِنْ بَعْدِ خَلْقٍ، وَلاَيَعْلَمُ الْعِبَادُ عِلْمَكَ، وَلاَ يَقْدِرُ الْعِبَادُ قَدْرَكَ، وَكُلُّنَا فَقِيْرٌ اِلَى رَحْمَتِكَ، فَلاَ تَصْرِفْ عَنِّي وَجْهَكَ، وَاجْعَلْنِي مِنْ صَالِحِي خَلْقِكَ الْعَمَلِ وَاْلاَمَلِ وَالْقَضَاءِ وَالْقَدَرِ.
Allâhumma innî ‘abduka ibnu ‘abdika wabnu âmatika, dha’îfun faqîrun ilâ rahmatika wa Anta munzilul ghinâ wal-barakah ‘alal ‘ibâdi, qâhirun muqtadir ahshayta a’mâlahum, wa qasamta arzâqahum, wa ja’altahum mukhtalifatan alsinatuhum wa alwânuhum khalqan min ba’di khalqin, wa lâ ya’lamul ‘ibâhu ‘ilmaka wa lâ yaqdirul ‘ibâdu qadraka. Wa kullunâ faqîrun ilâ rahmatika, falâ tashrif ‘annî wajhaka, waj’alnî min shâlihî khalqika al-‘amali wal-amali, wal-qadhâa wal-qada.

Ya Allah, aku adalah hamba-Mu putera hamba-Mu, lemah dan butuh pada rahmat-Mu. Sementara Engkau Yang Menurunkan kekayaan dan keberkahan pada semua hamba-Mu, Engkau Maha Perkasa dan Maha Kuasa, Engkau menghitung semua amal mereka, Engkau yang membagikan rizki mereka. Engkau ciptakan mereka berbeda-beda dalam bahasa dan kulit dari generasi ke generasi berikutnya. Hamba-Mu tak akan mampu mengetahui semua ilmu-Mu, hamba-Mu tak akan kuasa pada kekuasaan-Mu. Kami semua butuh pada rahmat-Mu, maka jangan palingkan wajah-Mu dariku, jadikan aku tergolong pada hamba-Mu yang shaleh dalam amal dan keinginan, dalam ketetapan dan takdir-Mu.

اَللَّهُمَّ اَبْقِنِي خَيْرَ الْبَقَاءِ، وَاَفْنِنِي خَيْرَ الْفَنَاءِ عَلَى مُوَالاَةِ اَوْلِيَائِكَ وَمُعَادَةِ اَعْدَائِكَ، والرَّغْبَةِ اِلَيْكَ، وَالرَّهْبَةِ مِنْكَ وَالْخُشُوعِ وَالْوَفَاءِ وَالتَّسْلِيْمِ لَكَ وَالتَّصْدِيقِ بِكِتَابِكَ وَاتِّبَاعِ سُنَّةِ رَسُوْلِكَ.
Allâhumma abqinî khayral baqâ’, wa afninî khayral fanâ’ ‘alâ muwâlâti awliyâika wa mu’âdati a’dâika, war-raghbati ilayka, war-rahbati minka wal-khusyû’i wal-wafâ’, wat-taslîmi laka wat-tashdîqi bikitâbika wat-tibâ’i sunnati rasûlika.

Ya Allah, hidupkan daku dalam kehidupan yang paling baik, dan matikan daku dalam kematian yang terbaik mengikuti para kekasih-Mu dan menjauhi musuh-musuh-Mu, takut dan patuh pada-Mu, memenuhi dan menerima perintah-Mu, membenarkan kitab-Mu dan mengikuti sunnah Rasul-Mu.

اَللَّهُمَّ مَا كَانَ فِي قَلْبِي مِنْ شَكٍّ اَوْ رَيْبَةٍ، اَوْ جُحُودٍ اَوْ قُنُوط،ٍ اَوْ فَرَحٍ اَوْ بَذَخٍ، اَوْ بَطَرٍ اَوْ خُيَلاَءِ، اَوْ رِيَاءٍ اَوْ سُمْعَة،ٍ اَوْ شِقَاقٍ اَوْ نِفَاقٍ اَوْ كُفْر،ٍ اَوْ فُسُوقٍ اَوْ عِصْيَانٍ، اَوْ عَظَمَةٍ اَوْ شَيء لا تُحِبُّ.
Allâhumma mâ kâna fî qalbî min syakkin aw rawbatin, aw hujudin aw qunûth, aw farahin aw badzakh, aw batharin aw khuyalâ’, aw riyâin sum’ah, aw syiqâqin aw nifâqin aw kufr, aw fusûqin aw ‘ishyân, aw ‘azhamatin aw syay-in lâ tuhibbu.

Ya Allah, semua yang ada dalam hatiku: keraguan, penentangan, keputus-asaan, kesenangan yang berlebihan, kesombongan, keangkuhan ketika mendapat nikmat, prasangka buruk, riya’ atau suka pujian, permusuhan, kemunafikan atau kekufuran, kefasikan atau kemaksiatan, atau kebanggaan, atau sesuatu yang lain yang tidak Engkau ridhai.

فَاَسْأَلُكَ يَا رَبِّ أنْ تُبَدِّلَنِي مَكَانَهُ اِيْمَاناً بِوَعْدِكَ، وَوَفَاءً بِعَهْدِكَ، وَرِضاً بِقَضَائِكَ، وَزُهْداً فِي الدُّنْيَا، وَرَغْبَةً فِيْمَا عِنْدَكَ، وَاَثَرَةً وَطُمَأنِيْنَةً وَتَوْبَةً نَصُوحًا اَسْاَلُكَ ذَلِكَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ.
Fa as-aluka yâ Rabbi an tubaddilanî makânahu îmânan biwa’dika wa wafâan bi’ahdika, wa ridhan biqadhâika, wa zuhdan fit dun-yâ, wa raghbatan fîmâ ‘indaka, wa atsaratan wa thuma’nînatan wa tawbatan nashûhâ, as-aluka yâ Rabbal ‘alamîn.

Aku memohon kepada-Mu, gantikan semua itu dengan keimanan pada janji-Mu, pemenuhan pada perintah-Mu, ridha pada ketentuan-Mu, kehidupan zuhud di dunia, harapan pada yang ada di sisi-Mu, ketenteraman dan taubat yang sebenarnya; aku memohon semua itu kepada-Mu ya Rabbal ‘alamin.

اَِِلهِي اَنْتَ مِنْ حِلْمِكَ تُعْصَى، وَمِنْ كَرَمِكَ وَجُودِكَ تُطَاعُ، فَكَانَّكَ لَمْ تُعْصَ وَاَنَا وَمَنْ لَمْ يَعْصِكَ سُكَّانُ اَرْضِكَ، فَكُنْ عَلَيْنَا بِالْفَضْلِ جَوَاداً، وَبِالْخَيْرِ عَوَّاداً يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، وَصَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِهِ صَلاَةً دَائِمَةً لاَتُحْصَى وَلاَتُعَدُّ وَلاَيَقْدِرُ قَدْرَهَا غَيْرُكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.
Ilâhî Antal min hilmika tu’shâ, wa min karamika wa jûdika tuthâ’, faka-annamâ lam ya’shika sukkânu ardhika. Fakun ‘alaynâ bil-fadhli jawâdan, wa bil-khayri ‘awwâdan, yâ Arhamar râhimîn. Wa shallallâhu ‘alâ Muhammadin wa âlihi shalâtan dâimah lâ tuhshâ wa lâ ta’uddu, wa lâ yaqdiru qadraha ghayruka yâ Arhamar râhimîn.


Tuhanku, Engkau dimaksiati karena santun-Mu, Engkau ditaati karena kemuliaan dan kedermawanan-Mu, seolah-olah Engkau tidak pernah dimaksiati olehku dan oleh seluruh penghuni bumi. Maka jadilah Engkau bagi kami Yang Maha Dermawan dengan segala karunia-Mu, Yang Maha Peduli dengan segala kebaikan-Mu, wahai Yang Maha Pengasih dari semua yang mengasihi. Semoga shalawat senantiasa tercurahkan kepada Muhammad dan keluarganya, shalawat yang abadi yang tak terhitung jumlahnya dan  tak terukur nilainya oleh selain-Mu wahai Yang Maha Pengasih dari semua yang mengasihi. (Mafâtihul Jinân: bab 2, pasal 3)


No comments:

Post a Comment